Resep Terbaru

Resep Cara Membuat Chiffon Tepung Beras Metode Simple




Resep Chiffon Tepung Beras Metode Simple
By  Diana Endri Rosisca

Ikuti

Bahan-bahan:

3 btr telur ayam (pisahkan kuning & putihnya)

90 gr tep. beras

85 gr gula pasir

60 ml santan kental/susu cair

40 ml minyak sayur

sejumput garam

sejumput vanili (resep asli pake pasta pandan)

pewarna makanan (sy biru, merah dan kuning)


Langkah membuat Chiffon Tepung Beras Metode Simple :

45 menit

Kocok putih telur dan garam dgn speed sedang, saat mulai berbusa tambahkan gula, dibagi 3 tahap sampe soft peak...kental berjejak.

Kocok lagi sampe kaku (berjambul kokoh/stiff peak) tetap dgn speed sedang.

Turunkan speed, masukkan kuning telur satu2 (tidak perlu lama2). Tambahkan santan dan minyak, kocok rata.(saya campur kedua bahan tsb dan aduk rata sblm di tuang ke adonan). matikan mixer

Masukkan tepung beras & vanili, kocok dengan mixer speed rendah (jangan over mix) asal rata saja, matikan mixer.

Bagi bbrp bagian, beri pewarna masing2 (sy merah, biru & kuning). Tuang ke dalam loyang selang seling, ketuk2 loyang agar udaranya keluar/tdk terperangkap di dlm adonan. Loyang tanpa di oles apapun biar kuenya tdk melorot ketika di balik.

Oven dengan suhu 180℃ (sedang) selama kurleb 35 menit sblmnya oven di panasi dulu kurleb 10 mnt...tadi sy lupa blm manasi🙈.(resep di atas utk loyang 18 ya...tadi sy pake loyang 20 jadinya tipis...maafkeun pelanggaran🙏). Angkat dan balikkan loyangnya. Tunggu sampai dingin baru keluarkan dari loyang, caranya sisir pelan2 dengan pisau tipis usahakan searah ya agar bagus dan mulus tampilannya *jika loyang chiffon yg dipakai tidak ada kaki2nya silakan disangga dengan botol ya, caranya balikkan loyang dan masukkan ujung botol ditengah2 loyang chiffon.

Dannn msh hrs byk2 latihan krn ini tanpa olesan minyak...jd msh bopeng2. Chiffon sy msh berpinggang/lekukan di tengah, mungkin krn tadi blm manasi ovennya ya...entahlah krn ini first trial sy

0 Response to "Resep Cara Membuat Chiffon Tepung Beras Metode Simple "