Resep Terbaru

Resep Apple Pie




Bismillah
.
Deep Fried Apple Pie tapi versi panggang. Resepnya dari Blog Sasshy Little Kitchen, yang diambil dari Dapur Griya Khayangan. Harusnya ini digoreng tapi saya dipanggang juga mengurangi goreng-gorengan. Apelnya pun saya seadanya pake apel fuji. Saya bikin setengah resep.
.
Resep Apple Pie
.
Bahan Kulit Pie:
250 gr tepung terigu
75 gram margarine cair panas
75-80 ml air putih
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
.
Bahan Filling
500 gr apel hijau kupas, potong dadu kecil
50 gr kismis cuci bersih
100 gr gula palem
100 gr gula pasir ( sy kurangi cm pakai 80 gram)
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt air jeruk lemon atau jeruk nipis.
1/8 sdt garam halus
1 sdm margarine
1 sdm peres tepung maizena dilarutkan dg 50 ml air
.

 
Cara Membuat Apple Pie :
.
Filling :
Panaskan margarine hingga meleleh, masukkan apel, kismis, gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk, air jeruk dan garam, aduk hingga tetcampur rata. Aduk terus hingga apel terlihat layu dan kecoklatan serta mengeluarkan cairan. Tuangkan larutan maizena, aduk hingga mengental, angkat dan dinginkan.
Kulit Pie :
Masukkan tepung terigu, garam, gula pasir dalam wadah, tuangkan margarine cair panas dan air putih.
Aduk dengan sendok kayu hingga menggumpal dan tercampur rata. Uleni sebentar dengan tangan hingga adonan tidak lengket di tangan / kalis.Istirahatkan 15 menit agar adonan lemas dan ditutup plastik agar adonan tidak kering.Gilas adonan menjadi tipis (seperti membuat pastel), dan potong ukuran kurleb 15 x 10 cm.Letakkan filling di tengah2 kulit pie, olesi semua pinggiran kulit pie dengan air putih.
Lipat bagian kanan menutupi fillingnya sambil ditekan agar menempel.
Gurat dengan pisau bagian kiri kulit pie, dan lipat ketengah menutup bagian kanan, dan tekan agar menempel.Tekan juga ujung2 apple pie dengan garpu.Olesi dengan kuning telur, taburi gula pasir atasnya.Tata dalam loyang yg telah dioles margarine.Panggang dalam oven suhu kurleb 200 derajat selama 35 menit (saya lebih) sampai kuning kecoklatan. Angkat dinginkan di rak kawat.
Alhamdulillah enak kok walau dipanggang juga.

0 Response to "Resep Apple Pie"