Resep Terbaru

Resep Cara Membuat Pempek Lenjer




ssalamualaikum selamat pagi teman2. Beberapa bulan yang lalu saya di DM sama temen saya mbak Dewi @bundawnd yang tinggal di Palembang, kita ngobrol2 dan beliau memberi saya resep pempek yang biasa beliau buat.
Dulu saya juga pernah membuat pempek hanya saja tidak pakai ikan tengiri karena susah cari ikan tengiri. Dan kebetulan Desember lalu saya belanja cukup banyak ikan tengiri ini, dan pas sekali mb dewi memberikan resep ke saya. Terimakasih resepnya mbak dewi, Untuk kuah cuko bahan dan takaran saya sesuaikan selera saya. Izin share ya mbak

Nb: kuah cuko untuk 1 kg ikan yah, jika membuat lebih sedikit bisa disesuaikan. Saya membuat banyak untuk stock aja di kulkas, saya simpan sampai 3 mingguan dan rasa masih oke.

Resep Pempek Lenjer

Bahan2:
500 gram ikan tengiri (tanpa kulit)
300 ml air (saya 350ml)
2 sdm garam (saya 1 sdm)
1 butir kuning telur
1 sdm bawang putih halus (saya 4-5 siung)
1/4 sdt gula pasir
400 gram tepung sagu (saya sagu tani *lini)

Kuah cuko:
1000ml air
800 gram gula palm/gula aren
Secukupnya garam
50 gram asam jawa tanpa kulit
100 gram cabe rawit merah, haluskan (sesuaikan selera ya)
6 siung bawang putih
1 sdm ebi, sangrai. Haluskan (tambahan saya)


Cara membuat Pempek Lenjer :
Pempek lenjer:
🍲Campur ikan dan air masukkan kedalam food processor tambahkan garam, proses sampai kental. (Resep asli di mixer)
🍲Tambahkan kuning telur, bawang putih garam dan gula aduk pelan asal rata saja. Masukkan frezeer 15-30 menit.
🍲Masukkan sagu aduk rata, Bentuk panjang2, (selalu sediakan tepung sagu lebih agar tidak lengket di tangan)
🍲Rebus, biarkan mengapung. Angkat dan tiriskan.
🍲Potong2, goreng diminyak panas sampai matang, sajikan bersama irisan mentimun dan kuah cuko

Kuah cuko:
🍲didihkan gula dan asam jawa sampai gula larut, saring
🍲Haluskan bawang putih dan cabe, masukkan ke dalam kuah lalu masak sampai mendidih, saring lagi (resep asli tidak disaring lagi)
🍲tambahkan garam, dan ebi halus
🍲Siap di gunakan untuk kuah pempek

0 Response to "Resep Cara Membuat Pempek Lenjer"