Resep Terbaru

Resep Pempek Lenjer




Hari ini saya sdh mulai bikin makanan2 yg bs dibekukan untuk persediaan bulan puasa nanti.. Tadi saya bikin pempek kulit, pempek lenjer dan nugget ayam.. Ini saya share pempek lenjer dulu ya .. krn pempek kulit sdh pernah saya posting sebelumnya. 
Seperti biasa pempek saya pake rumus 2/3 tapioka dari berat ikan dan 1/2 air es (ml ) dari berat ikan.
________________________________

Resep Pempek Lenjer
By meibasuki

Bahan:
750 gram daging ikan tenggiri yang sdh halus
500 gram tapioka (2/3 × 750)
375 ml air es (1/2 × 750)

Bahan lain Pempek Lenjer :
Secukupnya tapioka
Air utk merebus
Sdkt minyak goreng 
Bumbu:
15 butir bawang putih, haluskan
3/4 sdm - 1 sdm garam (saya pake garam cap kapal layar)
1 sdm gula pasir
1 sdt lada bubuk
Penyedap (saya ga pake)


Cara membuat Pempek Lenjer :
1. Dalam wadah besar masukkan air es dan bumbu, aduk rata.
2. Masukkan ikan, remes2 ikan sampe bnr2 halus
3. Masukkan tapioka, aduk rata
4. Taburi telenan dg tapioka, tangan pun diberi tapioka
5. Ambil 1 sdm penuh adonan, kepel2 dg kedua tangan, letakkan adonan di telenan, giling2 sehingga berbentuk lenjer.
6. Masukkan pempek ke dlm air mendidih yang sdh diberi sdkt minyak goreng 
7. Tunggu sampe pempek mengapung, angkat.
8. Lakukan sampe habis, goreng 
9. Hidangkan dg kuah cuka

Kuah Cuka
1200 ml air
300 gram gula merah (saya pake aren), sisir halus
7 butir Bawang putih, haluskan
1 sdm asam Jawa
1 buah kaldu blok
Cabe rawit, haluskan(optional)
2 sdt Garam
1/2 sdm gula pasir

Cara membuatnya:
Rebus semua bahan sampe mendidih, gula larut, dan berbau wangi, saring.

0 Response to "Resep Pempek Lenjer"