Resep Terbaru

Resep Membuat Pekmpek Lenjer & Kulit




Pagi...
Happy weekend..
Funbake pempek nih.. padahal saya sdh 4X ini posting pempek.. ga apa2 yaa..
Karena di pasar tidak bertemu dengan si tenggiri.. belida pun lg kosong.. Akhirnya saya bikin pempek kali ini dari ikan gabus. Ternyata rasanya jauh lebih enak drpd yg dari tenggiri lho..
Seperti biasa pempek saya pake rumus 2/3 tapioka dari berat ikan dan 1/2 air es (ml ) dari berat ikan. ________________________

Resep Pempek Lenjer 
By meibasuki .
.
🍣Bahan: .
▪750 gram daging ikan gabus/tenggiri yang sdh halus. ▪500 gram tapioka (2/3 × 750). .
▪375 ml air es (1/2 × 750) .
.
🍣Bahan lain Pekmpek Lenjer & Kulit : .
▪Secukupnya tapioka untuk taburan tangan dan talenan .
▪Air utk merebus .
▪Sdkt minyak goreng . .
.
🍣Bumbu Pekmpek Lenjer & Kulit : .
▪15 butir bawang putih, haluskan .
▪3/4 sdm - 1 sdm garam (saya pake garam cap kapal layar) .
▪1 sdm gula pasir .
▪1 sdt lada bubuk .
▪Penyedap (saya ga pake) . .
 

 
🍣Cara membuat Pekmpek Lenjer & Kulit : 
1. Dalam wadah besar masukkan air es dan bumbu, aduk rata. 
2. Masukkan ikan, remes2 ikan sampe bnr2 halus 
3. Masukkan tapioka, aduk rata 
4. Taburi telenan dg tapioka, tangan pun diberi tapioka 
5. Ambil 1 sdm penuh adonan, kepel2 dg kedua tangan, letakkan adonan di telenan, giling2 sehingga berbentuk lenjer. 
6. Masukkan pempek ke dlm air mendidih yang sdh diberi sdkt minyak goreng 
7. Tunggu sampe pempek mengapung, angkat. 
8. Lakukan sampe habis, goreng 
9. Hidangkan dg kuah cuka . .
.
🍣Kuah Cuka .
▪1200 ml air .
▪300 gram gula merah (saya pake aren), sisir halus .
▪7 butir Bawang putih, haluskan .
▪1 sdm asam Jawa .
▪1 buah kaldu blok .
▪Cabe rawit, haluskan(optional) .
▪2 sdt Garam .
▪1/2 sdm gula pasir .
.
🍣Cara membuatnya: 
Rebus semua bahan sampe mendidih, gula larut, dan berbau wangi, saring. .
.
🍳NB. Resep pempek kulit: resep dan kompisisinya sama dg resep di atas. Atau bisa scroll down.. krn saya sdh pernah posting sebelumnya.

0 Response to "Resep Membuat Pekmpek Lenjer & Kulit"