Resep Terbaru

Resep Dan Cara Membuat Mie Kari Udang Dan Kerang






Assalamualaikum,
entah kenapa masa tu terliur kan makan mie kari ini. Mau beli jauh, akhirnya buka2 google nemu resep dari Azie Kitchen.. Ini saya translate kan dari bahasa Malaysia ke bahasa Indonesia ya....

Mie Kari Udang Dan Kerang
Source: Azie Kitchen
Prepared By Mily Mily

Bahan2 Mie Kari Udang Dan Kerang :
1/2 ekor ayam di potong kecil2 ( saya ganti dengan udang segar )
6 sdm serbuk kari daging di seduh dengan sedikit air ( saya pakai rempah kari ikan )
Beberapa keping asam kandis ( petua orang tua pakai jumlah ganjil )
2 gelas santan kental ( pakai santan instant 200 ml )
5 gelas air rebusan kulit udang
1 kg daging kerang
1/2 gelas minyak goreng
2 kotak fish cake, iris tipis ( saya tak pakai )
10 butir bakso ikan belah 2 ( saya tak pakai )
1 biji kentang, kupas, rebus hingga empuk kemudian haluskan
Garam dan sedikit gula
Air secukupnya

Bahan Blender:
6 butir bawang merah
1 butir bawang besar
4 siung bawang putih
1/2 inchi jahe
2 sdm cabe giling ( bisa juga pakai serbuk cabe )
1 batang serai
2 sdm udang kering, rendam hingga lembut, cuci kemudian tiriskan
1 gelas udang segar ( buang kulitnya kemudian blender dengan air rebusan kulit udang tadi )

Bahan Tumis Mie Kari Udang Dan Kerang :
1 batang kulit kayu manis
1 kuntum bunga lawang /pekak
2 biji kapulaga / pelaga
2 tangkai daun kari
2 batang serai, geprek

Bahan Untuk Mie / Hiasan :
1 kg mie kuning, seduh dengan air panas, tiriskan dan balur dengan sedikit minyak ( saya pakai mie spageti )
3 kotak tahu, di goreng kering kemudian di iris2
2 fish cake,goreng kering kemudian di iris tipis ( saya nggak pakai )
4 butir telur di rebus, kupas dan di belash 2
Jeruk kasturi secukupnya belah 2
Daun bawang dan daun sup, di iris tipis
Cabe merah / hijau di potong2
Sawi di seduh air panas kemudian di toskan ( saya nggak pakai )
Tauge, di seduh air panas, tiriskan ( saya suka yang fresh )


Cara membuat Mie Kari Udang Dan Kerang :
Buat air rebusan udang dengan kulit udang ( sebagai perasa ). Kemudian pisahkan air dan kulit udang tersebut. gunakan airnya untuk memblender daging udang.

Panaskan minyak dan tumis bahan2 tumis. Masukkan bahan2 yang di blender dan tumis hingga harum. Masukkan serbuk kari yang di campur sedikit air tadi, aduk hingga berminyak dan harum.

Masukkan 1 gelas air, didihkan. Masukkan ayam yang di potong kecil danbiarkan hingga empuk.

Masukkan fish cake, fish ball ( bakso ikan ), stok udang dan asam kandis. Biarkan hingga mendidih. Masukkan santan, garam dan gula.
Masukkan ubi kentang yang telas di haluskan tadi ( penambahan kentang tujuannya untuk mengentalkan kuah ).

Akhir sekali masukkan kerang dan sesuaikan rasa dan kekentalannya. Matiakan api, angkat dan hidangkan.

Cara Menghidangkan:
Masukkan sedikit mie ke dalam mangkuk, letakkan sawi tauge, telur rebus dan tahu goreng.
Tuang kuah ke atas mie tadi.
Tambahkan dengan perahan jus jeruk kasturi. Kemudian taburkan daun sup, daun bawang, cabe dan bawang goreng.
Siap untuk di sajikan.

Cara saya memasak kurang lebih seperti di atas, hanya saja udang yang di blender saya tumis juga dengan bumbu, saya masukkan ketika bumbunya sudah pecah minyak.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Mie Kari Udang Dan Kerang"