Resep Terbaru

Resep Dan Cara membuat BANANA CAKE






Bahan BANANA CAKE :
6 buah pisang ambon (dengan kulit sekitar 775 gram, setelah dikupas dan dibenyek2in jadi sekitar 500 gram)
215 ml minyak goreng
250 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru misalnya)
225 gram gula pasir (kemanisan, bisa dijadiin 150-175 gram aja menurutku)
4 butir telur utuh (yang sekilonya isi 16 butir)
1 st SP
1 st vanili
1/2 st garam
1 sm mentega leleh + 1 sm terigu, diaduk rata hingga menjadi seperti pasta, untuk mengoles loyang

CARA BUAT BANANA CAKE :
1. Campur pisang dengan minyak goreng, aduk rata dan diamkan pisang terendam dalam minyak. Mencoba metode yang pernah aku baca dari mba Evi Novianti @ BAKUL KUE RUMAHAN : pisang+minyak dicampur. Kalo versi mba mache ga dicampur, dimasukin pisangnya dulu baru minyaknya. Oles loyang dengan bahan olesan sampai rata.
2. Campur gula, telur, SP, garam, vanili, kocok dg mixer speed rendah sampai bercampur rata, lalu mulai tinggikan speednya sampai maksimal. Kocok terus hingga adonan kental dan berwarna pucat, pakai mixer aku sekitar 10-12 menit. Ciri2nya, ketika mixer diangkat, adonan yang turun dari mixer seperti pita yang bergerak turun perlahan, kalau turunnya masih terlalu cepat maka teruskan proses mixernya sampai adonan konsistensinya seperti tadi. Untuk waktunya sebnarnya tergantung mixer masing-masing... Ada mixer yang bisa sampai 15 menit, kalo pake whisk mungkin sampai 20 menit lebih kali ya secara tenaga tangan doang hehee...
Sementara hanya butuh 5 menit kalo pake mixer kitchen aid yang masih aku impikan belum dateng2 kurirnya sampai saat inih (ya iyalahhhh mesen aja kagak, gimana kurirnya mw anter u mixerrr....ngimpiiiiiii.... ) ----> woiii....!!! ...malah curcol wkwkwkkk...
3. Panaskan oven dengan suhu 150-160°C , api atas dan bawah. Kalau pakai otang alias oven tangkring, ganjal oven dg 4 buah bata supaya stabil dan api lebih merata, gunakan api kompor yang sedang agak dikecilin sedikit.
4. Masukkan terigu sambil diayak (tiap kali masuk 1/3 bagian demi 1/3 bagian yaa...) aduk dengan sistem aduk balik.
Sistem aduk balik (atau folding plate..eh itu mah struktur bentang lebar yah ...maaf yaa...maksudnya folding to fold method, adalah metode aduk di mana spatula memotong di tengah adonan lalu digerakkan searah jarum jam kemudian naik ke atas dan kemudian dibalik.
TIPS : Melakukan ini sebaiknya jangan sambil marah2 kalo gag mau bubbles atau gelembung2 udara yg sudah terbentuk dalam adonan kocokan telur gula tadi menjadi hilang, yang bisa mengakibatkan kue menjadi tidak mengembang alias mingslep, bahasa prancisnya : bhantettt... Maksudnya jangan sambil dibanting2 spatulanya ke adonan, rada lemah lembut dikit lah sama adonan hihiii...tapi kalo marahnya cuman manyun aja sih masih gapapa kayanya... *serius mode ON
5. Masukkan campuran pisang dan minyak goreng tadi... Aduk balik lagi. Memasukkannya 1/3 bagian demi 1/3 bagian yaa...untuk memudahkan mengaduk.
6. Tuang dalam loyang. Angkat loyang setinggi 5cm dari atas meja lalu jatuhkan sekali ke atas meja (jangan ke lantai ya jatuhinnya, kejauhan, nanti malah berantakan... ) fungsinya untuk meratakan adonan dalam loyang (kadang saat menuang kan suka mungkin ada rongga yang ga keisi, nah salah satunya untuk hal ini).
7. Panggang dalam oven sekitar 40-50 menit...kemarin nyoba cuma 40 menit, karena atasnya udah coklat cakep...eh tnyata bagian bawahnya masih ketakutan gitu, pucet abisss... Jadi sebaiknya setalah 40 menit api atas bawah, kemudian ditambah 10 menit api bawah aja. Kalau atasnya takut gosong bisa ditutup aluminium foil.
8. Angkat, balik di tray kawat. Potong-potong, dinikmati hangat yuukkssss.... *kemarin bareng bu windry, allz n alee nyicip potongan perdananya heheee....

0 Response to "Resep Dan Cara membuat BANANA CAKE"