Resep Terbaru

RESEP BUMBU DASAR PUTIH




Aku tuh paling gak suka ngupas bawang , terus cabe .. pokoknya acara yang gak aku suka dari memasak adalah kupas mengupas ..ahaha . Untuk bumbu dasar putih aku gak pake ketumbar seperti kebanyak resep , tapi aku pakai merica . Karen aku gak pernah masak opor dan lodeh tapi lbh sering masak mie goreng,sop dkk

RESEP BUMBU DASAR PUTIH
Kegunaan :
Mie goreng , Mie rebus ,Sop, Nasi goreng , Bumbu untuk gorengan , atau bisa juga sesuai resep ibu-ibu yang lain juga

Bahan
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai ( aku pakai kemiri bubuk Koepoe2, yang sudah di sangrai dari sononya 4sdm )
2sdm merica butiran ( nanti jika waktu memasak mericanya kurang berasa bisa ditambah merica bubuk saja ya )
minyak goreng untuk menumis


Cara membuat BUMBU DASAR PUTIH  :

1)Haluskan semua bumbu , masukkan bumbu halus ke dalam teflon , beri miyak goreng agak banyak , masak sampai bumbu harum dan matang , sambil diaduk beberapa kali , angkat dan dinginkan

2) masukkan dalam botol kaca , sebaiknya botol kaca disterilkan dulu ya lalu ditiriskan sampai kering baru dipakai untuk menyimpan . Taroh kulkas

BUMBU DASAR KUNING
Source : Sajian Sedap

Kegunaan : Ayam goreng , pepes atau botok , Soto

bahan
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai ( aku pakai kemiri bubuk yang sudah disangrai 3sdm )
2ruas kunyit, bakar sebentar ( karena aku gak suka kalo kunyit terlalu banyak )
2sdm ketumbar ( aku pakai 1sdm ketumbar bubuk )

Cara membuat :

1)Haluskan semua bumbu , masukkan bumbu halus ke dalam teflon , beri miyak goreng agak banyak , masak sampai bumbu harum dan matang , sambil diaduk beberapa kali , angkat dan dinginkan

2) masukkan dalam boto; kaca , sebaiknya botol kaca disterilkan dulu ya lalu ditiriskan sampai kering baru dipakai untuk menyimpan . Taroh kulkas

BUMBU DASAR MERAH
Source : Sajian Sedap

Kegunaan : Balado , sambal goreng , nasi goreng jawa
Bumbu Dasar Merah
bahan
30 butir bawang merah
8 siung bawang putih
10 buah cabe merah besar ( jika ukuran cabenya kecil pakai 2x lipatnya ya ), buang bijinya
Terasi ( jika suka )
Cara membuat
Sama seperti cara bumbu yang diatas ya

0 Response to "RESEP BUMBU DASAR PUTIH "