Resep Terbaru

Resep Dan cara Membuat Apem Tape Singkong Kuah Gula




Selamat siang.. selamat maksi..
3 hari lalu saya bikin tape singkong. Nah kemarin panennya. Saya nyoba bikin tape dari singkong biasa, yg warna putih. Ternyata hasil tapenya sama bagusnya dg tape singkong mentega yg saya bikin sebelumnya. Lalu terpikir pengen bikin apem dari tape singkong seperti apem yg biasa saya makan waktu kecil, buka2 cookpad nemulah resep apemnya mba Ismi Sabrina Ayunani.. nah ini apem modifikasinya ..saya bikin apemnya di dalam takir daun dan dialasi daun pandan biar aromanya wangi.. ini beneran enak lho.. ga berasa asam.. tetap empuk walau sdh dingin.
______________________
Resep Apem Tape Singkong Kuah Gula :
1 butir telur
70 gr gula pasir
1 buah vanili bubuk
1/2 sdt garam
300 ml santan hangat
100 gr tape, haluskan dg garpu
2 sdt ragi instant
250 gr tepung beras
2 sdm tapioka

Bahan taburan Apem Tape Singkong Kuah Gula :
Kelapa parut, beri sedikit garam, kukus selama 10 mnt
.
Bahan kuah gula Apem Tape Singkong Kuah Gula :
Rebus 200 gram gula merah, 350 ml air, 1 lembar daun pandan dan sdkt garam sampai gula larut


Cara membuat Apem Tape Singkong Kuah Gula :
1. Siapkan 10 buah takir kecil dari daun, beri dalamnya dg daun pandan. Atau boleh pake cetakan biasa yg diolesi minyak goreng. 
2. Kocok telur, dan gulpas menggunakan whisker sampai gula larut
3. Masukkan vanili, garam dan santan, aduk rata.
4. Masukkan tape, aduk rata
5. Masukkan ragi istant, aduk rata
6. Masukkan tepung beras dan tapioka, aduk sampai halus dan rata
7. Tutup adonan dg serbet atau plastik. Tunggu sampai adonan berbuih (saya td 40 menit)
8. Didihkan air di kukusan
9. Masukkan adonan ke dlm takir atau cetakan (jgn sampai penuh), kukus selama 15-20 menit
10. Hidangkan dg taburan kelapa dan gula cair

0 Response to "Resep Dan cara Membuat Apem Tape Singkong Kuah Gula"