Resep Terbaru

Resep Cara Membuat Klepon




Sumber: Fatmah Bahalwan dengan sedikit modifikasi dari saya

Resep Klepon :
250 gr tepung beras ketan
50 gr tepung beras putih
80 ml air daun suji (saya pakai pewarna hijau)
2 sdt air kapur sirih (saya skip)
100 gr gula merah, sisir
½ btr kelapa, kupas, parut(saya pakai 100gram kelapa parut kering, saya kukus dulu dengan menambahkan Santan.
¼ sdt garam
1 ltr air

Cara membuat Klepon :
– campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, aduk rata. Sisihkan.
– Campur air daun suji dan air kapur sirih (saya ganti pewarna hijau)
– Tuangi tepung dengan campuran air daun suji( pewarna hijau) aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat.
– Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.
– Masak air hingga mendidih, celupkan bola-bola kelepon, biarkan hingga matang dan mengapung.
– Angkat, langsung gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dibubuhi garam.

0 Response to "Resep Cara Membuat Klepon"